Tol Kayuagung-Palembang, Target Selesaikan Perbaikan & “Beautifikasi” H-15 Jelang Mudik 2023

News

Libur lebaran 2023 diprediksi akan meriah seiring dengan normalnya aktifitas pasca pandemi serta dicabutnya peraturan PPKM oleh pemerintah, termasuk di ruas tol kayuagung palembang (kapal) yang diperkirakan akan terjadi adanya peningkatan volume lalu lintas yg signifikan.

Dimana pada arus mudik lebaran tahun ini, Volume lalu lintas rata rata kendaraan yang melintas di tol kayuagung – palembang yang menjadi bagian dari Jaringan Tol Trans Sumatera (JTTS) ini diprediksi mengalami peningkatan sebesar 10% dari volume lalu lintas lebaran tahun 2022 lalu.

Hal ini disampaikan oleh Tim Corsec Tol “Kapalbetung” dari PT. Waskita Srijawaya Tol dalam keterangan resminya yang diterima Top Konstruksi pada 6 Maret 2023.

Adapun peningkatan volume lalu lintas tersebut sebesar 14.455 kendaraan per hari dengan lalin puncak arus mudik 19.015 lalin (per 20 april) dan arus balik 23.102 lalin (per 01 mei).

Guna mengantisipasi adanya lonjakan tersebut, Tim Corsec Tol Kapalbetung PT. Waskita Srijawaya Tol menyebut bahwa pihaknya akan menyiapkan tambahan gardu portabel di GT (Gerbang Tol) keramasan yang awalnya 2 gardu masuk menjadi 3 gardu masuk dan 2 gardu keluar menjadi 4 gardu keluar.

Serta melengkapinya dengan fasilitas top up sebanyak 8 alat, penjualan uang elektronik (lebih dari 5000 kartu), mobile reader berjumlah 8 unit, serta mengerahkan petugas transaksi tambahan untuk membantu kelancaran transaksi.

Kemudian untuk menunjang kelancaran lalu lintas dan mengoptimalkan pelayanan, Tim Corsec Tol Kapalbetung menyebut pihaknya berencana akan menyiapkan 20 kendaraan operasi, 42 cctv, 4 vms (ppan pengumuman elektronik) yang akan dioperasikan selama 24 jam dan senantiasa bersinergi dan berkoordinasi dengan Kepolisian lalu lintas terkait.

Selain itu, pihaknya juga akan mengoperasikan Rest Area fungsional saat libur lebaran yang berlokasi di KM 347 jalur A dan KM 360 Jalur B dengan dilengkapi fasilitas minimal masing masing terdapat toilet, parkir, mushola, dan tenan UMKM.

Adapun untuk meningkatkan kenyamanan pengguna jalan saat melalui tol kapal, pihaknya akan melakukan peningkatan kualitas jalan dengan perbaikan di beberapa lokasi yang ditargetkan selesai H-15 sebelum lebaran tahun 2023.

Selain itu dalam rangka beautifikasi jalan tol, pihaknya juga mengaku sudah melakukan pengecatan MCB jalan tol dan penghijauan jalan tol dengan menanam lebih dari 2000 pohon di sepanjang jalan tol.

Tak hanya menyiapkan sejumlah strategi, Tim Corsec Kapalbetung menyebut pihaknya juga menghimbau kepada pengguna jalan tol yang melintas agar selalu mematuhi rambu rambu lalulintas, batas kecepatan, memastikan kondisi kendaraan selalu prima, memastikan saldo uang elektronik cukup sebelum masuk jalan tol agar tercipta iklim berkendara yang berkeselamatan.

Apabila pengguna jalan tol membutuhkan pelayanan, pengguna jalan tol dapat menghubungi call center yang beroperasi 24 jam dengan nomor 08118886600/07115541478.

Adapun informasi lebih lengkap mengenai pelayanan tol kapalbetung serta informasi literasi berkendara yang berkeselamatan di jalan tol dapat di lihat melalui website dengan link sebagai berikut : https://sites.google.com/view/waskitasriwijayatol/home.

Back to top button
formbukudirekrorigapensi