Tol Japek II Selatan Seksi 3 Ditargetkan Rampung dan Siap Diresmikan Oktober 2023

Pembangunan Jalan Tol Jakarta - Cikampek (Japek II) Selatan Seksi 3 Sukabungah – Sadang sepanjang 30,6 km ditargetkan rampung dan siap diresmikan pada Oktober 2023 mendatang.

News

Pembangunan Jalan Tol Jakarta – Cikampek (Japek II) Selatan Seksi 3 Sukabungah – Sadang sepanjang 30,6 km ditargetkan rampung dan siap diresmikan pada Oktober 2023 mendatang.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Jendral Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Hedy Rahadian.

Jalan Tol Jakarta – Cikampek (Japek II) Selatan Seksi 3 terdiri dari ruas Sukabungah – Kutanegara sepanjang 22,75 km dan ruas Kutanegara – Sadang sepanjang 8,5 km.

Dikutip dari laman resmi Badan Pengaturan Jalan tol (BPJT) per Juli 2023, realisasi konstruksi ruas Sukabungah – Kutanegara telah mencapai progres 80,8% dan realisasi konstruksi ruas Kutanegara – Sadang telah mencapai progres 90,5%.

Adapun pembangunan Jalan Tol Jakarta – Cikampek (Japek II) Selatan terbagi dalam tiga paket pekerjaan yakni Paket I Jati Asih – Setu, Paket II Setu – Sukabungah, dan Paket III Sukabungah – Sadang.

Dari tiga paket pekerjaan tersebut, Pekerjaan Paket 1 (Seksi I Jati Asih – Setu) ditargetkan rampung pada kuartal IV/2024. Sedangkan Pekerjaan Paket 2 (Seksi II Setu – Sukabungah) ditargetkan rampung pada kuartal II/2024.

Untuk progresnya, Pekerjaan Paket 1 (Seksi I Jati Asih – Setu) saat ini masih berada dalam tahap pembebasan lahan lantaran masih terkendala dengan harga tanah yang tinggi.

Sementara Pekerjaan Paket 2 (Seksi II Setu – Sukabungah) saat ini, LMAN melaporkan sudah dilakukan proses pembebasan lahan dengan nilai mencapai Rp551,14 miliar.

Kehadiran Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan setelah beroperasi penuh diharapkan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Cikampek dari sisi selatan yang dimana memiliki tujuh simpang susun. 

Ke depannya, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan yang merupakan akses tol dari Jati Asih menuju Sadang ini akan terintegrasi dengan jaringan Jalan Tol Purbaleunyi dan JORR 2 Jalan Tol Cimanggis-Cibitung.

Back to top button
formbukudirekrorigapensi