Tingkatkan Kualitas Pelayanan Di Jalan Tol, PUPR dan ATI Kembangkan Model Bisnis Rest Area

News

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) masih terus melakukan berbagai upaya demi mewujudkan kualitas pelayanan yang baik untuk mendukung kenyamanan bagi para pengguna Jalan Tol.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit dalam Musyarawah Nasional II Asosiasi Pengusaha Rest Area Indonesia (APRESTINDO) pada Rabu, 23 November 2022.

Dalam acara tersebut, Danang menilai bahwa kualitas pelayanan yang baik harus didukung dengan keberadaan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area yang sesuai dengan indikator pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Apalagi telah diterbitkannya Peraturan Menteri PUPR No. 28 tahun 2021 tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan pada Jalan Tol yang menjadi nilai tambah terhadap sisi kualitas pelayanan di Jalan Tol dan para tenant di dalamnya.

Oleh karena itu, Danang menyebut bahwa Kementerian PUPR dan Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) tengah berupaya memikirkan model bisnis untuk TIP sebagai ruang komersial pada infrastruktur publik yang semakin lebih baik di masa mendatang seperti halnya pengembangan TIP dengan konsep Transit Hub yang dapat diaplikasikan untuk mendukung integrasi antar moda transportasi.

Adapun salah satu infrastruktur yang menerapkan pengembangan TIP dengan konsep Transit Hub yakni Jalan Tol Cibitung – Cilincing seluas 40 hektar yang terkoneksi dengan kawasan container untuk memaksimalkan pelayanan kendaraan logistik menuju Pelabuhan.

Selain Jalan Tol Cibitung – Cilincing, terdapat juga dua Jalan Tol baru seperti Jalan Tol Solo – Yogyakarta – YIA Kulonprogo dan Jalan Tol Gilimanuk – Mengwi di Bali yang rencananya akan mengembangkan konsep TIP yang berbeda dengan TIP lainnya.

Danang berharap APRESTINDO dapat meningkatkan pelayanan di TIP sekaligus mengembangkan potensinya dengan tetap menjaga fungsi pelayanan dari masing-masing TIP serta mengembangkan model bisnis yang semakin menarik dan mampu memberikan dampak positif bagi pengguna Jalan Tol.

Selain itu, Danang menyebut pihaknya yakni Kementerian PUPR juga berkomitmen untuk tetap selalu memberikan dukungan terhadap pembangunan Jalan Tol dan pengembangan TIP di seluruh Indonesia

Back to top button
formbukudirekrorigapensi