Savart Luncurkan Motor Listrik Pertamanya di IMOS 2023, Intip Spesifikasi dan Harganya

Savart Motors resmi meluncurkan motor listrik pertamanya pada pameran sepeda motor “Indonesia Motorcycle Show (IMOS+) 2023”.

Lifestyle

Savart Motors resmi meluncurkan motor listrik pertamanya pada pameran sepeda motor “Indonesia Motorcycle Show (IMOS+) 2023” yang berlangsung di ICE BSD City, Tangerang pada Rabu, 25 Oktober 2023.

Diklaim sebagai motor asli buatan anak bangsa, kehadiran motor listrik ini menambah daftar jajaran sepeda motor listrik lokal.

Untuk penetrasi awal di pasar otomotif Indonesia, Produsen motor listrik lokal ini meluncurkan sebuah skuter matik (skutik) model terbarunya bernama Savart S-1 yang secara desain sekilas mengingatkan pada BMW CE 04.

CEO PT Garda Energi Nasional Indonesia William Taifan mengatakan bahwa pihaknya mendesain skuter listrik tersebut dari nol dengan komponen elektrik serta mekanik sendiri yang dikembangkan dengan kemampuan engineering terbaik dari lulusan universitas terkemuka di Indonesia.

Selain itu, Wiliam juga menyebut pihaknya telah berinvestasi dalam riset dan pengembangan (R&D) yang mencerminkan komitmennya pada kualitas, keamanan, dan kenyamanan.

Motor listrik ini diklaim memiliki tingkat komponen dalam negeri (TKDN) sebesar 60 persen berdasarkan pengembangan komponen utama yang dilakukan oleh tim Savart EV.

Untuk memastikan tingkat kualitas yang tinggi, Savart EV juga telah menjalin kerja sama dengan produsen cip internasional yang juga menjadi pemasok komponen untuk perusahaan otomotif global terkemuka seperti Tesla.

Mengutip laman website kompas.com, Motor listrik Savart S-1 memiliki panjang 2.040 mm, lebar 747 mm, jarak sumbu roda 1.525 mm dan ground clereance 156 mm.

Motor ramah lingkungan ini dilengkapi dengan peredam kejut bagian depan menggunakan suspensi denan panjang 42 cm dengan jarak main 8 cm. Sedangkan suspensi belakang model dual shock panjang 29 cm dan jarak main 6,5 cm.

Sebagai motor listrik, Savart S-1 ditenagai baterai Lithium Ion NMC berukuran 72 V 65 Ah dengan jarak tempuh maksimal 120 Km dan rata-rata kecepatan di 60 kpj. Sehingga motor listrik ini diklaim sanggup melewati tanjakan hingga kemiringan 30 derajat.

Sebagai informasi, Savart Motor menghadirkan dua model motor listrik yaitu Savart S-1 dan Savart S-1P Insigna.

Perbedaan keduanya hanya soal fitur dan harga jual. Savart S-1 dibanderol dengan harga Rp 42 jt tanpa baterai. Sedangkan S-1P Insigna dibanderol dengan harga Rp 45 juta tanpa baterai dan Rp 58 Juta lengkap dengan baterai.

Back to top button
formbukudirekrorigapensi