Presiden Jokowi Resmi Luncurkan Logo IKN Nusantara Bertema Pohon Hayat

News

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi telah meluncurkan logo Ibu Kota Nusantara (IKN) di Istana Negara, Jakarta pada Selasa, 30 Mei 2023

Jokowi mengumumkan logo bertema “Pohon Hayat” yang didesain oleh desainer grafis asal Bandung bernama Aulia Akbar (pemenang sayembara logo IKN) ini terpilih menjadi logo resmi Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sumber : Sekretariat Presiden

Hal ini diumumkan oleh Presiden Jokowi dalam acara peluncuran Logo Nusantara yang digelar di Istana Negara pada Selasa, 30 Mei 2023.

Logo tersebut merupakan pilihan masyarakat yang dimana logo ini terpilih setelah melalui proses sayembara yang sangat selektif dengan melibatkan sekitar 500 ribu lebih masyarakat Indonesia yang berpartisipasi dalam voting pemilihan logo baru IKN.

Logo “Pohon Hayat” itu pun menjadi satu dari lima logo yang dipilih Jokowi untuk kemudian diikutsertakan dalam voting secara online melalui laman resmi IKN Nusantara (www.ikn.go.id).

Seperti diketahui sebelumnya, Presiden Joko Widodo sudah memilih sebanyak lima logo dari ratusan logo yang masuk di sayembara pemilihan logo IKN.

Sumber : Sekretariat Presiden

Dalam sayembara tersebut, Desain besutan anak bangsa Aulia Akbar ini berhasil meraih voting tertinggi dari lima finalis logo IKN selama periode pemilihan yang ditutup pada 20 Mei 2023.

Berdasarkan hasil sayembara pada periode tersebut, logo dengan vote terbanyak adalah logo nomor dua dengan tema “Pohon Hayat” karya desainer Aulia Akbar yang mendapatkan total vote mencapai 133.069 atau 26,6% dari total vote.

Adapun hasil vote ini menjadikan Aulia Akbar dengan karya logonya bertema “Pohon Hayat” ditetapkan sebagai pemenang sayembara desain logo IKN dan berhak mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 185 juta.

Usai memenangkan sayembara tersebut, desainer grafis yang berdomisili di Bandung ini pun menceritakan proses kreatif dari logo buatannya.

Lulusan Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung ini menjelaskan bahwa karyanya tersebut terinspirasi dari penelusuran panjang dirinya tentang kebudayaan yang dimiliki Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Logo ini memiliki makna filosofis sebagai pohon kehidupan yang diharapkan menginspirasi IKN untuk dapat menjadi tempat menciptakan kehidupan baru bagi masyarakat Indonesia.

Aulia yang juga merupakan Co-founder POT Branding House ini mengungkapkan bahwa proses menjadi juara desain logo IKN tidaklah terjadi secara tiba-tiba lantaran proses kreasi yang dibangunnya ini telah ditempuh selama sembilan tahun berkecimpung di dunia desain.

Oleh karena itu, Aulia mengaku bersyukur dapat terpilih menjadi juara dalam sayembara tersebut dan menilai upaya pemerintah untuk meresmikan logo dari tangan anak bangsa menjadi sebuah momen yang sangat bersejarah di desain grafis Indonesia.

Aulia berharap pemerintah semakin aktif ke depannya agar tidak hanya merangkul desainer, tetapi juga anak muda dengan talenta di bidang lainnya untuk berkontribusi dalam agenda Negara.

Back to top button
formbukudirekrorigapensi