Pembangunan Aspen Medical, Rumah Sakit Bertaraf Internasional Pertama di Depok Resmi Dimulai

News

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto bersama dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmi memulai pembangunan Rumah Sakit (RS) berstandar Internasional Aspen Medical Hospital yang berlokasi di kawasan Shila at Sawangan, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok.

Dimulainya pembangunan ini ditandai secara simbolis melalui prosesi peletakan batu pertama atau groundbreaking yang dilaksanakan pada Selasa, 20 Juni 2023.

Fasilitas kesehatan bertaraf internasional pertama di Depok ini dibangun melalui kerja sama BUMD Jabar PT Jasa Sarana dengan Sanusa Medika yakni perusahaan joint venture antara perusahaan kesehatan global asal Australia Aspen Medical dan Docta.

Melalui kerja sama tersebut, Aspen Medical akan menginvestasikan dana sebesar Rp600 – 750 miliar untuk mendirikan rumah sakit tersebut di atas lahan seluas 12,500 m2 di kawasan Eco Town Depok, Kota Depok, Jawa Barat.

Founder & Executive Chairman Aspen Medical, Glenn Keys AO mengungkapkan bahwa rencananya pembangunan rumah sakit bernama Aspen Medical Hospital Depok ini akan mengusungkan konsep layanan terpadu dengan keunggulan kelas dunia yang diharapkan dapat memberikan standar, inovasi, dan perawatan kesehatan berkualitas standar internasional yang komprehensif dan terintegrasi di satu tempat kepada semua penduduk di Jawa Barat.

Aspen Medical Hospital Depok adalah rumah sakit umum (RSU) tipe B dengan sertifikasi standar internasional yang akan memiliki kapasitas kamar tidur sebanyak 200 unit, dan dilengkapi unit unit khusus seperti tempat tidur isolasi yang canggih dan unit perawatan intensif.

Dengan sertifikasi standar internasional yang dimilikinya, Rumah sakit ini diharapkan mampu untuk menyediakan lebih dari 30 ribu kunjungan rawat jalan per tahun, dan lebih dari 3.000 hari rawat inap pada tahun pertama operasinya serta dapat mencapai potensi optimal untuk lebih dari 300 ribu kunjungan rawat inap pada tahun ke-11.

Dari sisi desain, Aspen Medical Hospital Depok dirancang oleh ahli rumah sakit dari Belanda, yaitu Emerald Hospital Group, dengan mengusungkan konsep rumah sakit ramah lingkungan (green hospital) dan fasilitas bangunan modern yang mengadopsi teknologi terkini dalam industri perhotelan.

Bahkan tak hanya itu, Aspen Medical Hospital juga mengedepankan penggunaan energi yang ramah lingkungan dalam tata ruang dan sumber energi listriknya sehingga dapat menjadi contoh bagi RS di Indonesia dalam penerapan teknologi di bidang perhotelan.

CEO Sanusa Medika, Dr. Andrew Rochford menjelaskan bahwa kehadiran Aspen Medical Hospital bertujuan untuk mengatasi kekurangan ketersediaan tempat tidur khususnya di cakupan wilayah Depok dan sekitarnya.

Back to top button
formbukudirekrorigapensi