Dalam 8 Tahun, Airlangga Sebut 156 PSN Senilai Lebih Rp. 1000 Triliun Telah Rampung

Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto mencatat sebanyak 156 Proyek Strategis Nasional (PSN) senilai lebih dari Rp 1.000 triliun telah selesai selama 8 tahun terakhir.

News

Pemerintah melalui Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto mencatat telah menyelesaikan sebanyak 156 Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan nilai mencapai lebih dari Rp 1.000 triliun di seluruh Indonesia selama 8 tahun terakhir.

Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam acara Sewindu PSN di Kawasan Blok M, Jakarta Selatan pada Senin, 8 Mei 2023.

Beberapa proyek PSN yang telah rampung tersebut di antaranya mulai dari bandara, jalan tol, bendungan, fasilitas gas, kereta api, hingga MRT (Moda Raya Terpadu) di DKI Jakarta.

Saat ini tercatat ada sebanyak 3 PSN yang telah dinyatakan selesai dari 30 PSN dengan nilai total investasi sebesar Rp. 360 triliun yang ditargetkan pemerintah untuk dapat rampung pada tahun ini atau 2023. Sementara untuk 27 PSN yang tersisa diharapkan dapat rampung pada akhir tahun 2023.

Tak berhenti sampai disitu, pemerintah juga akan terus memfokuskan penyelesaian PSN hingga tahun 2024 mendatang dengan menargetkan 31 PSN tambahan yang diharapkan dapat rampung pada Semester l/2024. Dengan demikian, pemerintah masih harus menyelesaikan sebanyak 58 PSN hingga semester 1/2024.

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan amanat untuk menyelesaikan semua PSN hingga tahun 2024 mendatang mengingat tahun tersebut merupakan titik critical PSN.

Namun apabila PSN belum rampung konstruksinya, setidaknya PSN telah menyelesaikan perizinan, pembebasan lahan, dan pembiayaan (financial close) agar tidak akan ada proyek yang mangkrak.

Apalagi, Airlangga menyampaikan bahwa pembangunan infrastruktur memiliki pengaruh besar dalam kehidupan masyarakat seperti halnya infrastruktur di sektor transportasi yang dapat menurunkan biaya logistik secara signifikan bagi negara Indonesia yang berbentuk kepulauan.

Oleh karena itu, dirinya yakin bahwa PSN yang telah terbukti bermanfaat bagi masyarakat akan terus berjalan pembangunannya.

Back to top button
formbukudirekrorigapensi