HKI Bangun Tol Lingkar Pekanbaru, Progres Konstruksi Sudah Tembus 30%

HeadlineNews

Di bawah pemerintahan baru Presiden Prabowo Subianto, pembangunan infrastruktur diperkirakan masih akan terus berlanjut dan dikebut mengingat masih banyak proyek setengah jadi yang dibangun di era pemerintahan jokowi yang kini belum rampung sepenuhnya.       

Salah satu infrastruktur tersebut yaitu Jalan Tol Trans Sumatera yang dikelola oleh Hutama Karya (Persero).

Hutama Karya melalui anak usahanya, PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) baru – baru ini dikabarkan masih terus fokus melanjutkan pekerjaan proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), termasuk pekerjaan di Ruas Rengat – Pekanbaru seksi Lingkar Pekanbaru sepanjang 30,57 km yang ditargetkan rampung pada tahun 2026 mendatang.

Dimulai sejak Juni 2023, Pembangunan jalan tol tersebut dilaporkan telah mencapai progres 30% per September 2024. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Operasi III HKI Aditya Novendra Jaya sebagaimana informasi yang dikutip dari laman resmi Hutama Karya.

Dalam laman tersebut, Aditya juga menyampaikan bahwa Jalan Tol Lingkar Pekanbaru dirancang memiliki masing- masing tiga Gerbang Tol (GT) dan Interchange (IC) yakni GT & IC Rimbo Panjang, GT & IC Siak, dan GT & IC Bypass Pekanbaru.

Dari tiga gerbang tol ini, GT dan IC Rimbo Panjang akan menjadi akses utama masyarakat Rimbo Panjang untuk keluar dan masuk Tol Lingkar Pekanbaru.

Kemudian GT dan IC Siak akan menjadi akses awal daerah Sri Meranti untuk keluar masuk Tol Lingkar Pekanbaru.

Dan terakhir, GT dan IC Bypass Pekanbaru akan menjadi akses awal masyarakat Muara Fajar menuju Tol Lingkar Pekanbaru.  

Selain memiliki 3 gerbang tol, jalan tol ini juga dilengkapi dengan satu Junction yaitu Junction Rimbo atau Junction Pekanbaru yang nantinya akan menghubungkan Tol Pekanbaru – Bangkinang dengan Tol Lingkar Pekanbaru.

Kemudian juga direncanakan memiliki lebar jalur 3,6 meter serta jumlah lajur 2×2 pada tahap awal dan 2×3 pada tahap akhir dengan kecepatan rencana 100 km/jam.

Dengan kehadiran jalan tol ini nantinya, diharapkan masyarakat Pekanbaru dan sekitarnya yang akan melewati Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang bisa menuju Jalan Tol Pekanbaru – Dumai atau sebaliknya tanpa harus keluar tol.

Sehingga jalan tol ini akan meningkatkan konektivitas langsung antar kota dan mempersingkat waktu tempuh dari exit tol Bangkinang – Pekanbaru ke gerbang tol Pekanbaru – Dumai yang semula membutuhkan waktu satu jam via jalan nasional menjadi 25 menit saja melalui Jalan Tol Lingkar Pekanbaru.

Adapun lingkup pekerjaan HKI pada proyek Jalan Tol Lingkar Pekanbaru meliputi pembangunan badan jalan tol, tiga jembatan sungai, satu pasang rest area, kantor tol, serta tiga gerbang tol.

Dalam membangun JTTS khususnya Jalan Tol Lingkar Pekanbaru ini, HKI berkomitmen untuk memberikan hasil dan mutu terbaik meskipun menghadapi tantangan yang tidak mudah.

HKI berharap pembangunan Jalan Tol Ruas Rengat- Pekanbaru seksi Lingkar Pekanbaru dapat berjalan lancar dan segera dapat digunakan oleh masyarakat.

Back to top button