Bendungan Lau Simeme Garapan PT PP di Sumatera Utara Telah Diresmikan Presiden Jokowi

HeadlineNews

Bendungan Lau Simeme di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang dibangun oleh PT PP (Persero) Tbk akhirnya telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu, 16 Oktober 2024.

Adapun peresmian ini ditandai secara simbolis melalui prosesi penandatanganan prasasti yang dilaksanakan secara langsung oleh Presiden Jokowi.

Dalam peresmian tersebut, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa bendungan ini merupakan bendungan ke – 47 yang diresmikan selama 10 tahun masa pemerintahannya.

Menurutnya, Bendungan yang dibangun sejak tahun 2018 dengan anggaran mencapai Rp1,76 triliun ini sangat penting karena memiliki sejumlah manfaat yang signifikan bagi masyarakat seperti mereduksi banjir area Kota Medan sebesar 289 m3/detik serta penyediaan air baku sebesar 3.000 liter/detik.

Selain itu, keberadaan bendungan dengan kapasitas tampung sebesar 21,07 juta meter kubik (m3) dan luas area genangan 125,84 hektar ini juga dapat berpotensi sebagai penyediaan energi listrik sebesar 1 megawatt (MW) serta menjadi tempat destinasi pariwisata.

Untuk itu, Jokowi berharap dengan beroperasinya Bendungan Lau Simeme, masyarakat Sumut dapat segera merasakan manfaatnya.

Sebagai informasi, Pembangunan Bendungan Lau Simeme dilaksanakan oleh PT Wijaya Karya-PT Bumi Karsa (KSO) untuk pekerjaan paket 1. Sedangkan, untuk pekerjaan paket 2 dikerjakan oleh PT Pembangunan Perumahan (PP)-PT Andesmon Sakti (KSO).

Secara desain, Bendungan Lau Simeme dirancang dengan tipe zonal timbunan batu yang memiliki tinggi 69,50 meter dari sungai dan panjang puncak bendungan 205 meter.

Back to top button