WIKAIKON Ekspor Jembatan Modular Unibridge Berstandar Internasional ke Australia

HeadlineNews

PT Wijaya Karya Industri & Konstruksi (WIKAIKON) kembali memperkuat posisinya sebagai produsen jembatan modular Unibridge berkualitas internasional.

Anak usaha dari PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) ini dikabarkan telah mengekspor jembatan modular Unibridge ke Australia melalui Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Senin, 23 September 2024.

Adapun jembatan modular Unibridge yang diekspor ke negeri kanguru tersebut mencakup 10 box jembatan modular Unibridge untuk 2 girder jembatan span 51,7 meter dengan berat total 160 ton.  

Produk unggulan hasil produksi dari pabrik Fabrikasi Baja Majalengka WIKAIKON ini dikirimkan dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju Pelabuhan Brisbane, Australia dan dijadwalkan tiba pada tanggal 11 Oktober 2024 mendatang untuk kemudian dipasangkan di Munna Creek, Australia.

Direktur Utama WIKAIKON, Sidiq Purnomo menjelaskan bahwa jembatan modular unibridge diproduksi secara segmental box (per section) dan dirakit menggunakan sambungan Ears & Pin.

Produk ini memiliki keunggulan yaitu lebih cepat diproduksi, lebih mudah dalam segi pengiriman dan lebih cepat dirakit.

Dengan adanya kemudahan dalam pengiriman dan kecepatan dalam perakitan, produktivitas selama fase fabrikasi dan instalasi jembatan itu pun disebut akan meningkat dan pemilik proyek dapat merasakan peningkatan efisiensi dari produk tersebut.

Selain produksi dan perakitan yang lebih cepat, Produk ini juga memiliki tingkat presisi tinggi selama proses produksi dan perlu dilakukannya trial assembly di workshop untuk memastikan span girder terinstal sesuai dengan geometri desain yang telah direncanakan.

Mengutip informasi dari laman kompas.com, Jembatan modular unibridge merupakan hasil kerja sama antara WIKAIKON dan Matiere SAS dari Prancis. Produk ini telah diekspor ke berbagai negara di Asia Tenggara.

Menurut Sidiq, pengiriman jembatan modular Unibridge ke Proyek Munna Creek, Australia ini merupakan salah satu bukti kepercayaan yang diberikan pasar internasional kepada WIKAIKON.

Dan proyek jembatan modular di Munna Creek ini juga menegaskan kemampuan WIKAIKON untuk menyediakan solusi infrastruktur global yang cepat, kuat, dan berkualitas tinggi.

Sekaligus menambah daftar kesuksesan WIKAIKON dalam mendukung pembangunan infrastruktur nasional maupun internasional, setelah sebelumnya sukses menyelesaikan proyek unibridge Tol Akses Teluk Lamong, unibridge Tol Manado-Bitung, unibridge Tol Padang-Pekanbaru, serta ekspor unibridge ke Filipina untuk proyek Balintawak & Alabang.

Dengan keberhasilan ekspor ini, WIKAIKON semakin menunjukan kemampuannya dalam bersaing di pasar global dengan terus berkomitmen berinovasi melalui peningkatan kemampuan engineering untuk menghasilkan produk baja berkualitas tinggi yang mampu bersaing di kancah internasional.

Sebagai informasi, PT Wijaya Karya Industri & Konstruksi (WIKAIKON) merupakan salah satu anak perusahaan dari PT Wijaya Karya (Persero) Tbk yang bergerak di bidang industri dan pabrikasi baja.

Didirikan sejak tahun 2000 dengan nama PT Wijaya Karya Intrade, perusahaan yang kini merubah namanya menjadi PT Wijaya Karya Industri & Konstruksi tersebut selalu memegang teguh nilai kepercayaan dalam menjalankan setiap aktifitas bisnis.

PT Wijaya Karya Industri & Konstruksi selalu berusaha untuk meningkatkan kinerjanya dalam setiap aspek, mulai dari manajemen, sumber daya manusia, hingga pada struktur inovasi dan teknologi tertinggi.

Back to top button