Pembangunan Universitas Pertama di IKN Telah Resmi Dimulai

HeadlineNews

Pembangunan Gedung Kampus Program Doktor International Universitas Gunadarma, di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur telah resmi dimulai.

Hal ini ditandai dengan prosesi peletakkan batu pertama (Groundbreaking) yang dilaksanakan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa, 4 Juni 2024.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, sore hari ini peletakan batu pertama kampus program doktor internasional Universitas Gunadarma secara resmi saya nyatakan dimulai,” ucap Jokowi saat peresmian menandai dimulainya pembangunan sebagaimana informasi yang dikutip dari kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Dalam peresmian tersebut, Presiden Jokowi turut memberikan apresiasinya atas dibangunnya Universitas pertama di IKN ini.

Jokowi menyebut Kampus Universitas Gunadarma program Doktoral Internasional ini akan bekerja sama dengan sejumlah universitas internasional lain di Prancis, Slovakia, dan Swedia.

Dengan hadirnya Universitas Gunadarma di Ibu Kota Nusantara ini, Jokowi berharap kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia ke depannya bisa meningkat dan mampu bersaing dengan SDM negara lain.

Sebagai informasi, Kampus Program Doktor Internasional Universitas Gunadarma akan dibangun di atas lahan seluas 2,45 hektare (ha) dengan dilengkapi fasilitas terbaik di dalamnya. Salah satunya yaitu penyiapan penerapan data sains dan kecerdasan buatan.

Kemudian untuk mendukung kota cerdas berkelanjutan di IKN, Universitas Gunadarma nantinya juga akan memindahkan fasilitas superkomputer dari Kampus Jakarta ke Kampus Program Doktor Internasional ini.

Selain menyediakan sejumlah fasilitas, Kampus Program Doktor Internasional UG juga menyediakan tiga program doktor yang diprioritaskan yaitu Doktor Teknologi Informasi, Doktor Ilmu Psikologi, dan Doktor Ilmu Ekonomi.

Adapun ketiga program studi tersebut telah terakreditas dengan predikat Unggul.

Back to top button