PT Pupuk Indonesia Segera Mulai Pembangunan Pabrik Pupuk Baru Di Papua Barat

PT Pupuk Indonesia segera mulai pembangunan pabrik pupuk di Papua Barat pada akhir November 2023.

HeadlineNews

PT Pupuk Indonesia (Persero) baru – baru ini dikabarkan akan segera memulai proyek pembangunan pabrik pupuk di Kabupaten Fakfak, Papua Barat pada akhir November 2023.

Direktur Utama Pupuk Indonesia Rahmad Pribadi mengungkapkan bahwa peletakan batu pertama atau groundbreaking sebagai tanda dimulainya pembangunan proyek ini nantinya akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo pada 24 November 2023.

Pabrik ini akan menjadi pabrik pupuk pertama di wilayah Indonesia Timur yang diharapkan dapat menyuplai kebutuhan pupuk untuk mendukung kawasan pertanian di tanah Papua.

Pembangunan pabrik baru tersebut dilakukan setelah lebih dari 40 tahun tak ada pembangunan pabrik pupuk di Indonesia,

Seperti diketahui bahwasanya pembangunan industri pupuk di Indonesia telah dimulai pada tahun 1958 dan terakhir kali dilakukan pembangunan industri pupuk satu klaster pada tahun 1982.

Pabrik baru yang akan dioperasikan oleh PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) yakni anak usaha Pupuk Indonesia ini ditargetkan selesai dan mulai berproduksi pada tahun 2028 mendatang.

Ditargetkan mulai produksi dalam lima tahun mendatang, Pabrik tersebut dirancang memiliki kapasitas produksi mencapai 3.500 ton pupuk urea per hari atau 1,2 juta ton per tahun.

Mengutip laman pasardana.id, Proyek pabrik pupuk tersebut merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) yang mempunyai peran vital dalam menjaga ketahanan pangan nasional.

Sehingga proyek ini mendapatkan perhatian serius dari pemerintah karena dinilai mempunyai multiplier effect atau memberikan dampak positif yang besar. 

Maka tak heran, jika Pupuk Indonesia berani menggelontorkan investasi kurang lebih senilai 1 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp15,69 triliun untuk pembangunan pabrik baru tersebut. 

Rahmad optimis pabrik pupuk yang akan dibangun PT Pupuk Indonesia ini akan memenuhi kebutuhan pupuk dalam negeri, khususnya di wilayah Papua yang dimana selama ini petani di wilayah tersebut harus mengeluarkan biaya tinggi untuk mendapatkan pupuk.

Back to top button
formbukudirekrorigapensi