Peringati HLN ke – 78, PLTM Tongar Siap Beroperasi Bantu Wujudkan Langit Biru di Sumatera Barat

Dalam rangka memperingati Hari Listrik Nasional (HLN) ke - 78 Tahun 2023, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat terus berkomitmen meningkatkan pembauran energi terbarukan di Sumatera Barat.

News

Dalam rangka memperingati Hari Listrik Nasional (HLN) ke – 78 Tahun 2023 yang bertajuk “Accelerating  Renewable Energy We are The New Energy”, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat terus berkomitmen meningkatkan pembauran energi terbarukan untuk mewujudkan langit biru yang bebas akan polusi di Sumatera Barat.

Komitmen ini terlihat dengan adanya pengembangan pembangkit listrik ramah lingkungan yang semakin inovatif seiring dengan upaya pemerintah mendukung pencapaian target bauran energi baru terbarukan (EBT) menuju net zero emissions pada 2060.

Selain itu, komitmen untuk mendorong proses transisi menuju energi bersih tersebut juga tercermin pada saat PLN UID Sumbar bersama dengan Civil Work PT Nusa Konstruksi Enjiniring (NKE) Tbk dan pengembang PT Optima Tirta Energy (OTE) melakukan penandatanganan Berita Acara Commercial Operation Date (COD) untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) Tongar dengan kapasitas 6 MW yang dioperasikan di Kabupaten Pasaman (Simpang Empat) .

Adapun penandatanganan BA COD tersebut berlangsung di Kantor Induk PLN UID Sumbar pada Jumat, 27 Oktober 2023.

Acara ini dihadiri oleh General Manager PLN UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho, Jajaran Senior Manager PLN UID Sumbar, Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bukittinggi Rudi Hamiri, Manajer IPP & Excess Power Maisyaroh, Direktur Utama PT Optima Tirta Energy Djohan Halim, Direktur PT Optima Tirta Energy Wataru Yoshio dan Direktur Pengembangan Usaha PT Nusa Konstruksi Enjiniring Rizaldi Limpas.

General Manager PLN UID Sumbar, Eric Rossi Priyo Nugroho menyampaikan apresiasi dan ungkapan terimakasihnya kepada pihak pengelola pembangkit atas keberhasilannya dalam mendukung pasokan sistem kelistrikan yang andal dan bersih di Provinsi Sumatera Barat.

Eric menyebut penandatangan BA COD ini menjadi bagian komitmen PLN dalam menghadapi berbagai tantangan serta mendukung upaya pemerintah dalam transisi energi terutama di sistem distribusi 20 kV pembangkit dengan bahan bakar EBT yang ramah lingkungan dan hemat biaya.

Di momen spesial HLN ke – 78 di tahun ini, Eric memastikan semangat PLN UID Sumbar tidak luntur dalam menghadirkan listrik andal dan bersih kepada masyarakat. Seluruh insan PLN berkomitmen untuk memberikan kontribusi terbaiknya bagi kelistrikan negeri.

Di samping itu, Direktur Utama PT OTE DJohan Halim juga turut menyampaikan apresiasi atas respon dan semangat PLN UID Sumbar sehingga PLTM Tongar dapat selesai dan siap beroperasi di Kabupaten Pasaman (Simpang Empat), Sumatera Barat.

Djohan berharap kolaborasi seperti ini dapat membuat renewable energy di Sumatera Barat terus meningkat hingga memberikan dampak nasional dan international dalam mendukung tercapainya net zero Net Zero Emissions 2060.

Back to top button
formbukudirekrorigapensi