Brantas Abipraya Bangun Dermaga di KIT Batang, Target Rampung Awal Tahun Depan 

HeadlineNews

PT Brantas Abipraya (Persero) kembali menunjukkan peran aktifnya dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia.     

Kali ini, Brantas Abipraya turut berperan aktif dalam pembangunan Dermaga Multipurpose Batang Tahap 1, Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) di Desa Ketanggan, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah yang ditargetkan rampung pada awal tahun 2025 mendatang.

Proyek pembangunan dermaga ini merupakan proyek strategis nasional yang mulai dibangun sejak Juni 2024 lalu melalui kolaborasi antara BUMN Brantas Abipraya bersama dengan PT Pelabuhan Indonesia (Persero).

Adapun pekerjaan yang dilakukan dalam pembangunan dermaga ini mencakup Pembangunan Causeway sepanjang 350 meter, Trestle sepanjang 361 meter, dan Dermaga atau Jetty sepanjang 152 meter.

Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya Dian Sovana, menjelaskan bahwa pembangunan dermaga ini bertujuan untuk mendukung bongkar muat komoditas dan logistik, serta mendukung tenant-tenant yang ada di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB).

Dian berharap pembangunan Dermaga Multipurpose Batang tak hanya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan memfasilitasi perdagangan dan distribusi barang yang lebih efisien.

Tetapi, juga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta menciptakan lapangan kerja dengan memberikan peluang kerja, baik selama proses konstruksi maupun operasional setelahnya.

Kemudian pembangunan dermaga ini juga dapat sekaligus memperbaiki akses transportasi laut, memperlancar logistik, serta pengembangan wilayah dengan mendukung pertumbuhan industri dan meningkatkan daya tarik investasi di wilayah sekitar.

Dengan rampungnya dermaga ini, Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) diharapkan akan semakin berkembang dengan konektivitas logistik yang semakin kuat, dan memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Brantas Abipraya berkomitmen penuh untuk menyelesaikan proyek Dermaga Multipurpose Batang Tahap I sesuai jadwal yang telah ditetapkan dengan standar kualitas sesuai spesifikasi.

Untuk itu, Brantas Abipraya akan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memastikan kelancaran proyek ini sehingga nantinya dapat memberikan dampak nyata bagi masyarakat dan industri di sekitar Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB).

Back to top button