Rumah Sakit Hermina Senilai Rp650 Miliar di IKN Telah Diresmikan

HeadlineNews

Rumah Sakit Hermina di Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini tepatnya Jumat, 11 Oktober 2024.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini saya resmikan Rumah Sakit Hermina Nusantara di Ibu Kota Nusantara.” kata Jokowi sebagaimana informasi yang dikutip dari laman Sekretariat Presiden.

Dalam peresmian tersebut, Presiden Jokowi mengungkapkan rasa kekagumannya atas pembangunan RS Hermina yang telah berhasil diselesaikan hanya dalam waktu 10 bulan sampai akhirnya rumah sakit tersebut kini resmi beroperasi.

Jokowi yakin peresmian rumah sakit ini akan menjawab keresahan sekaligus memberikan kepercayaan bagi ASN yang nantinya akan dipindahkan kantornya ke IKN.

Direktur Utama HEAL Hasmoro menjelaskan bahwa pembangunan Rumah Sakit Hermina perdana di IKN merupakan bentuk komitmen Grup Hermina Rumah Sakit untuk mendukung program pemerintah dalam pelayanan kesehatan khususnya di ibu kota baru.

Rumah Sakit Hermina di IKN ini berdiri di atas lahan seluas 20.700 meter persegi dengan luas bangunan master plan 28.210 meter persegi berkapasitas 200 tempat tidur.

Rumah sakit dengan interior mewah sekelas hotel bintang 5 ini telah dibangun oleh PT Medikaloka Hermina Tbk. (HEAL) sejak awal November 2023.

Dimana dalam pembangunannya sendiri, Medikaloka Hermina diketahui telah menggelontorkan investasi hingga mencapai sebesar Rp650 miliar.

Adapun sampai saat ini, anggaran investasi tersebut baru terserap sebesar Rp500 miliar untuk pembangunan 5 lantai di fase pertamanya dan diinformasikan akan dilanjutkan kembali secara bertahap hingga 8 lantai.

Hermina Nusantara akan menjadi rumah sakit bertaraf internasional yang mengusung konsep eco green dan smart hospital.

Dalam menunjang operasionalnya, Hermina Nusantara akan memanfaatkan sejumlah energi terbarukan yang didukung oleh digitalisasi smart hospital.

Back to top button