Presiden Jokowi Resmikan Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu – Anak RS Sardjito di Yogyakarta

HeadlineNews

Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak Rumah Sakit Sardjito di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu, 28 Agustus 2024.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada pagi hari ini saya resmikan Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak Rumah Sakit Sardjito di Kabupaten Sleman Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta,” kata Jokowi sebagaimana informasi yang dikutip dari tayangan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Peresmian ini ditandai dengan prosesi penekanan tombol sirene dan penandatanganan prasasti yang dilakukan oleh Presiden Jokowi.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari laman BPMI Sekretariat Presiden, Peresmian Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak RS Sardjito merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan ibu dan anak di Indonesia

Dengan adanya pembangunan rumah sakit ini, Presiden Jokowi berharap pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak akan semakin membaik dan mengurangi tingkat kematian terhadap ibu dan anak di Indonesia.

Seperti diketahui, tingkat angka kematian ibu dan anak di Indonesia masih tergolong tinggi. Dimana angka kematian ibu dan anak di Indonesia berada di peringkat ke-9 dan ke-7 dari 10 negara di Asia.

Oleh karena itu, pembangunan gedung pelayanan kesehatan ini dilaksanakan karena menjadi langkah penting untuk mengatasi masalah tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi turut memberikan apresiasinya atas pembangunan gedung kesehatan ibu dan anak di Rumah Sakit Sardjito.

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa gedung baru RS Sardjito ini dibangun setinggi 8 lantai dengan anggaran mencapai sebesar Rp267 miliar.

Selain itu, terdapat juga biaya untuk mendukung operasional gedung tersebut seperti pengadaan peralatan medis yang menelan dana sebesar Rp240 miliar dan persiapan sumber daya manusia (SDM) dengan dana sebesar Rp50 miliar.

Presiden Jokowi menegaskan bahwa fasilitas gedung baru ini dilengkapi dengan peralatan medis yang lebih modern dan berbasis digital.

Fasilitas dan teknologi termutakhir yang tersedia di gedung tersebut diharapkan dapat menjadi percontohan bagi rumah sakit lainnya.

Termasuk desain bangunan rumah sakit tersebut yang menurutnya tidak seperti rumah sakit, melainkan seperti hotel bintang lima.

Dengan adanya fasilitas ini, Presiden Jokowi berharap angka kematian ibu dan anak di Indonesia dapat ditekan semaksimal mungkin.

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam peresmian tersebut diantaranya yakni Menteri Kesehatan (Menteri Kesehatan) Budi Gunadi Sadikin, Pj. Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, serta Direktur Utama RS Sardjito dr. Eniarti.

Back to top button