Ini Progres Tol Probowangi Tahap 1 yang Ditargetkan Rampung Akhir Tahun Ini

HeadlineNews

Pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Tol Probolinggo – Banyuwangi (Probowangi) tahap 1 ditargetkan rampung pada akhir tahun ini atau Desember 2024.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mencatat rata-rata progress konstruksi Jalan Tol Probowangi Tahap 1 Ruas Gending – Besuki telah mencapai 43,95%. 

Adapun rincian progres ketiga seksi ruas Tol Probowangi tahap 1 di antaranya, Seksi 1 Gending – Krakasan sepanjang 12,88 kilometer (km) dengan progres konstruksi mencapai 60,08%.

Kemudian Seksi 2 Krakasan – Paiton sepanjang 11,2 km dengan progres konstruksi mencapai 40,40% dan Seksi 3 Paiton – Besuki sepanjang 25,6 km dengan progres konstruksi mencapai 31,38%.

Jalan Tol Probowangi tahap 1 akan memiliki 3 simpang susun (SS), yakni SS Krakasan, SS Paiton, dan SS Besuki serta dilengkapi juga dengan 3 gerbang tol, yakni GT Krakasan, GT Paiton, dan GT Besuki.

Apabila telah beroperasi, Jalan Tol Probowangi tahap 1 ruas Probolinggo – Besuki nantinya disebut dapat memangkas waktu tempuh perjalanan yang mulanya membutuhkan waktu 1 jam 15 menit menjadi hanya 30 menit saja dengan kecepatan rata-rata waktu tempuh berkendara 80-100 km/jam.

Sebagai informasi, Pembangunan Tol Probolinggo – Banyuwangi (Probowangi) terbagi dalam dua tahap.

Tahap pertama yang ditargetkan rampung akhir tahun ini terdiri dari tiga seksi yakni Seksi 1 Gending – Krakasan, Seksi 2 Krakasan – Paiton dan Seksi 3 Paiton – Besuki

Sedangkan tahap kedua yang ditargetkan rampung setelah tahun 2024 terdiri dari empat seksi yakni Seksi 4 Besuki – Situbondo (42,3 km), Seksi 5 Situbondo – Asembagus (16,76 km), Seksi 6 Asembagus – Bajulmati (37,45km), dan Seksi 7 Bajulmati – Ketapang (29,21%).

Adapun untuk pengoperasian jalan tol ini nantinya akan dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) melalui entitas usahanya yakni PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi (JPB).

Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga Agus Setiawan, dimana dirinya sebelumnya menyampaikan bahwa apabila proses konstruksi Tol Probowangi berjalan sesuai rencana, maka pihaknya menargetkan akan mengoperasikan 2 ruas Tol Probowangi tahap 1 di akhir tahun ini.

Back to top button