Wijaya Karya (WIKA) Garap Bendungan Cijurey Paket III, Konstruksi Masuki Progres Awal

HeadlineNews

Perusahaan BUMN Konstruksi, PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) melaporkan pembangunan Bendungan Cijurey Paket III di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat telah memasuki progres awal sebesar 1,63%.

WIKA saat ini tengah fokus merampungkan pengerjaan jalan akses kanan dan galian bangunan spill way yang termasuk dalam lingkup pekerjaannya.

Adapun pekerjaan WIKA dalam proyek bendungan ini mencakup pembangunan jalan akses, bangunan pelimpah, dan hidromekanikal.

Pembangunan Bendungan Cijurey paket III dikerjakan oleh WIKA melalui skema konsorsium bersama dengan JAKON (KSO).

Dimana melalui kerja sama tersebut, WIKA menggenggam porsi sebesar 70% dengan nilai proyek yang diterima perseroan sebesar Rp 724 miliar.

Pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang digagas oleh Kementerian PUPR ini rencananya akan berlangsung hingga bulan Oktober 2028.

Setelah rampung, Bendungan dengan kapasitas daya tampung mencapai 9,76 juta meter kubik tersebut nantinya diyakini mampu mereduksi banjir dari hulu Sungai Cihoe sebesar 59,33% serta menyediakan irigasi untuk wilayah Kabupaten Bogor seluas 2.047 hektare.

Direktur Utama WIKA Agung Budi Waskito menjelaskan bahwa pembangunan bendungan ini merupakan bentuk peran WIKA dalam mendukung optimalisasi sumber daya air di Indonesia.

Selain membangun bendungan, peran WIKA juga diwujudkan dengan partisipasi perseroan pada agenda World Water Forum 2024 bertemakan “Air untuk Kesejahteraan Bersama” yang berlangsung di Bali, pada 20-26 Mei 2024.

Dimana melalui forum tersebut, Budi mengungkapkan bahwa WIKA bersama BUMN Karya lainnya ikut serta memperkenalkan Indonesia sebagai tuan rumah yang memiliki kesadaran dan kepedulian tinggi terhadap potensi kemanfaatan air dengan menciptakan berbagai karya-karya infrastruktur.

Back to top button