Mengintip Perkembangan Pembangunan IKN, Progres Konstruksi Sudah 14 Persen

News

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono kabarnya belum lama ini telah meninjau progres pembangunan infrastruktur dasar di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Sabtu, 4 Februari 2023.

Hingga saat ini tercatat telah ada sebanyak 31 paket pembangunan IKN yang dikerjakan oleh kontraktor, konsultan manajemen konstruksi, dan supervisi. Adapun paket yang dikerjakan tersebut diantaranya adalah pekerjaan land development, hunian pekerja, jalan logistik, jalan tol, embung dan drainase, intake air baku, kantor kementerian koordinator, sumbu kebangsaan, kompleks kantor dan istana negara.

Dalam tinjauannya kali ini, Menteri Basuki melaporkan bahwa sejauh ini progres fisik pembangunan infrastruktur IKN secara keseluruhan telah mencapai 14 persen pada awal Februari 2023.

Pencapaian tersebut merupakan total progres pembangunan infrastruktur dasar yang saat ini telah berlangsung diantaranya seperti pembangunan kantor presiden, kantor kementerian, jalan tol, jalan logistik, jalan lingkar IKN, air minum, bendungan, dan juga komplek perumahan menteri.

Menteri Basuki juga mengklaim proses pembangunan telah berjalan dengan baik sesuai tiga prinsip utama, yakni menjamin kualitas, estetika dan keberlanjutan lingkungan.

Dalam pembangunan, Basuki memastikan Visi Smart Forest City yang diusung harus menjadi panduan utama dan orientasi dalam pengerjaan pembangunan infrastruktur di IKN.

Adapun penerapannya dilakukan dengan cara membatasi secara ketat penebangan pohon eksisting yang tepat sesuai dengan rencana manfaat jalan dan tapak bangunan, serta mempertahankan bentang alam yang ada di lapangan (elevasi, kontur, posisi) dibawah pengawasan ketat konsultan manajemen konstruksi dan supervisi pekerjaan.

Dok. PUPR

Sederet pembangunan infrastruktur IKN yang ditinjau Basuki ini diantaranya adalah Rumah Susun (Rusun) Pekerja, Intake Sungai Sepaku, serta bangunan pemerintahan di KIPP IKN Nusantara.

Bangunan pemerintahan di KIPP yang ditinjau tersebut diantaranya pembangunan Sumbu Kebangsaan Tahap I meliputi Zona 1 (riparian, visitor center), Zona 2 (ceremonial lawn, plaza, gedung retail, toilet), Zona 3 (central promenade, wetland, forest trail), Zona 4 (shared street), dan Zona 5 (shared street).

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki dalam peninjauannya tersebut yakni Direktur Jenderal (Dirjen) Sumber Daya Air Kementerian PUPR Jarot Widyoko, Dirjen Cipta Karya Diana Kusumastuti, Dirjen Bina Marga Hedy Rahadian, Dirjen Perumahan Iwan Suprijanto, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Kasatgas Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H. Sumadilaga, Dirut PT Wijaya Karya Agung Budi Waskito,  Dirut PT. Brantas Abipraya Sugeng Rochadi, Dirut PT PP Novel Arsyad, Dirut PT Adhi Karya Entus Asnawi, dan Dirut PT Waskita Karya Destiawan Soewardjono.

Back to top button