/Dukung Smart City Tangerang, Nanotech Siapkan Sejumlah Inovasi Teknologi Nano

Dukung Smart City Tangerang, Nanotech Siapkan Sejumlah Inovasi Teknologi Nano

PT Nanotech Indonesia Global Tbk (NANO) siap bersinergi dengan Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel), Banten untuk mendukung penerapan Kota Pintar atau Smart City.

Guna mewujudkan hal tersebut, Emiten berkode saham NANO itu menyiapkan sejumlah teknologi dan digital platform yang bisa dimanfaatkan masyarakat Tangsel dari tingkat desa hingga kota. Perihal tersebut disampaikan oleh Komisaris Utama PT Nanotech Indonesia Global Tbk Nurul Taufiqu Rochman dalam keterangan resminya pada Kamis, 16 Juni 2022.

Sebelumnya tepatnya pada Selasa 14 Juni 2022 lalu, Beragam hasil karya atau temuan berbasis nanoteknologi yang telah dilahirkan oleh PT Nanotech Indonesia Global Tbk itu pun turut dipamerkan saat Wali Kota Tangsel beserta jajarannya berkunjung ke Gedung Nanotech yang berlokasi di Jalan Raya Puspiptek, Setu, Tangsel.

Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie menilai, beberapa hasil karya atau temuan berbasis nanoteknologi yang diperlihatkan serta hak paten yang dimiliki oleh Nanotech ini dapat dimanfaatkan dalam proses pembangunan di Kota Tangerang Selatan guna membantu pemerintah daerah (pemda) mewujudkan konsep smart city.

Sumber : Tangerang Express

Salah satunya adalah teknologi smart material paving block berpori yang tentu bisa digunakan di lingkungan Tangsel. Nurul mengungkapkan bahwa NANO memiliki paten untuk paving block berpori yang mampu menyerap air sehingga sudut-sudut kota tidak tergenang saat dilanda hujan serta dapat dimanfaatkan untuk jalur pedestrian di kawasan pemukiman maupun perumahan.

Dengan adanya hak paten ini, pengguna teknologi dari PT Nanotech Indonesia Global Tbk akan merasa nyaman dalam memanfaatkan inovasi yang akan terus dikembangkan kedepannya, tanpa takut ada klaim dari pihak lain, serta menghindari terjadinya masalah bagi para pengguna.

Melihat keunggulan yang luar biasa dari salah satu teknologi paving block ini, Benyamin mengaku sangat ingin melakukan kolaborasi untuk menerapkan temuan berbasis nanoteknologi ini di wilayahnya. Meskipun demikian, pihaknya akan melakukan penjajakan terlebih dahulu.

Benyamin menyebut paving block berpori hasil temuan dari nanotech ini memiliki bobot yang sangat ringan dengan pori – pori yang mampu menyerap air yang jatuh ke dalam sehingga temuan ini dinilai dapat menjadi solusi mencegah terjadinya banjir di lingkungan Tangsel yang nantinya akan menjadi smart city.

Seperti diketahui melansir dari blog lintasarta, Smart City harus menghadirkan mekanisme penanggulangan bencana dan tanggap darurat dalam pengembangannya. Terutama di Indonesia yang terletak di lingkaran cincin api pasifik yang rawan bencana alam, seperti gempa bumi, tsunami, hingga gunung meletus.

Selain memanfaatkan teknologi smart material, Nanotech juga memiliki teknologi smart home yang dapat dimanfaatkan oleh ASN Pemkot Tangsel maupun milenial di Tangsel. Smarthome tersebut di antaranya adalah teknologi pintu otomatis, surya panel, CCTV, dan USB.

Tak hanya itu, Nurul mengaku pihaknya juga memiliki konsep smart design sehingga milenial bisa mendesain sendiri rumahnya dengan harga yang tidak mahal dan terjangkau. Sebab, Nurul menyebut teknologi yang digunakan dibuat oleh pihaknya sendiri

Adapun teknologi lainnya yang dapat dikolaborasikan dengan Pemkot Tangsel dalam mewujudkan konsep smart city di wilayahnya seperti nano bubble untuk pembudidayaan ikan agar panen ikan menjadi lebih baik, kemudian ada juga teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk kemasan produk makanan para UMKM di Tangsel agar makanan tahan lama sehingga bisa untuk pengiriman jarak jauh.