/Brantas Abipraya Tuntaskan 2 Proyek Infrastruktur Fasilitas Pendukung Pariwisata Labuan Bajo
Dok. Bisnis Indonesia
Dok. Bisnis Indonesia

Brantas Abipraya Tuntaskan 2 Proyek Infrastruktur Fasilitas Pendukung Pariwisata Labuan Bajo

PT Brantas Abipraya (Persero) telah menyelesaikan dua proyek infrastruktur pendukung pariwisata di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Selaku BUMN Konstruksi, Direktur Utama Brantas Abipraya Sugeng Rochadi mengungkapkan bahwa pihaknya juga turut berkonstribusi melalui pekerjaan konstruksi peningkatan fasilitas pendukung pariwisata Loh Buaya, Pulau Rinca yang merupakan bagian dari Taman Nasional Komodo dan pengerjaan kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) Pantai Marina Bukit Pramuka.

Melalui kehadiran dua proyek infrastruktur ini menunjukkan komitmen Brantas Abipraya dalam mendukung pembangunan sarana dan prasarana sebagai upaya peningkatan pariwisata untuk menjadi destinasi super prioritas. . Bersama PUPR, Abipraya optimis dapat menghadirkan Labuan Bajo dengan wajah baru yang cantik.

Adapun kegiatan penataan Kawasan Pulau Rinca yang meliputi bangunan loket, penginapan ranger dan tour guide dilengkapi dengan pos penelitian dan pemantauan habitat komodo, bangunan penginapan resort, pekerjaan Museum Komodo, kafe & suvenir, bangunan kantor dan tempat ibadah, gazebo, bangunan klinik dan eksterior bangunan pusat informasi.

Dalam pengerjaannya, Brantas Abipraya memastikan proses pembangunan prasarana dan sarana tidak merusak atau mengganggu habitat komodo. Hal ini dilakukan demi melindungi Taman Nasional Komodo sebagai World Heritage Site UNESCO yang memiliki Outstanding Universal Value (OUV).

Selain penataan Kawasan Pulau Rinca, Brantas Abipraya juga turut berkontribusi dalam memperindah waterfront di Zona 3 dan 5, yang kabarnya kini telah dilengkapi infrastruktur dengan fasilitas kelas dunia dan berkelanjutan dengan memperhatikan aspek lingkungan.

Pengerjaan pada Zona 3 meliputi pusat informasi wisata, food court atau station untuk wisatawan, Kantor Kesyahbandaran, ruang serba guna, ruang tunggu, ruang terminal penumpang, monumen berbentuk penjuru mata angin, hard scape batu alam serta landscape berupa rumput budidaya lokal. Bentuk gedung yang dibangun juga sangatlah unik karena berbentuk tribun tangga, di sini para wisatawan dapat berfoto dengan latar belakang laut dan gugusan pulau.

Sedangkan pengerjaan pada Zona 5, Brantas Abipraya juga telah membangun lokasi untuk kios-kios terbuka guna menjamin kenyamanan pengunjung yang datang. Dapat dipastikan keseruannya para pengunjung berwisata kuliner sambil menikmati pemandangan laut dan bukit-bukit Labuan Bajo.

Sugeng berharap Wajah baru Labuan Bajo khususnya di Pulau Rinca dan Pantai Marina Bukit Pramuka ini dapat menjadi magnet baru bagi warga dan wisatawan lokal maupun asing.